Susah Senengnya Beda Budaya

waduh dah lama gue gak nulis notes...hehey..

Gue mo share pengalaman ah...
Dah setaon lebih gue ikut numpang makan ma orang asing. Dia orang asli dari engkong Penjajah. Yups...thats right gue kerja ma orang Belanda. Untung simbok (nenek) gue gak tahu gue kerja bareng kompeni bisa-bisa gue di suruh keluar.
Yaiyalah simbok adalah saksi hidup keriput kekejaman tentara Belanda. Akibat kekejaman para kompeni simbok dan rakyat lainnya khususnya daerah gunung kidul harus makan tiwul (baca: makanan yg terbuat dari singkong kering ditumbuk kering). gue pernah ngincipi tu tiwul, ya gak parah-parah banget seh rasanya kalau di campur dengan lauk ayam goreng.wkakak...
Gue juga sempet was-was...jangan-jangan gue bakal di mutilasi kalau kerja gue gak bener. Jangan-jangan gue bakal di lempar granat waktu gue kentut sembarangan di kantor..Gue dah parno ma pemikiran tak waras ini (perasaan gak pernah gue berfikir waras.hehe..)

Pertama kali gue kerja gue dah keder ndiri... Tangan dingin, keringat bercucuran dan mata berkunang-kunang bukan gara-gara si Bos tapi gara-gara perut gue kelaperan..wkakka....
Entah dari mana takdir Tuhan bawa gue, tapi aneh bin ajaib. Gue yang dari jurusan pendidikan bahasa inggris kerja dengan bidang perlengkapan cat, roll, kuas ma pembukuan. Wadefak!.... apaan neh.. mungkin gara-gara pesona gue pas wawancara jadinya tu bule milih gue. Apa gara-gara pesek nan esotisnya gue ya?wkakak....
Ada alasan kenapa tu bule milih gue kerja di situ, kalau gue jabarin disini entar dibilangnya sombong..wkakakka.....

Oke balik ke pokok cerita.

Gue mengalami shocking culture waktu kerja disini.
Contohnya gue gak boleh dateng terlalu awal, datang terlambat salah, kepagian juga salal... wkakak...dengan amat pede gue datang jam 7.30 padahal kantor bukanya jam 8.30 (gue nunggu 1 jam ampe kantor dibuka...sarap!)hahaha

Gue bak seorang putri raja. Gue sempet GR tuh Pak Bos Bule membukakan pintu mobil, pintu lobi atau mencetin lift dengan amat romantis. Wew...jangan keburu GR dulu. Emang kebudayaan mereka menghargai cewek seperti itu. Mereka juga melakukannya secara refleks gak mikir "ah...ini kan karyawan gue, ngapain juga gue bukain pintu bla..bla"..
Klo gue mah suka-suka aja di perlakuin bak putri sama bos gue sendiri..wkakakka

Kebanyakan orang bule khusunya orang belanda hanya makan pas dinner. buat breakfast dan lunch kebanyakan mereka makan ringan kayak ngemil roti atau apalah gitu. Nah..pas kt da business trip ke Jakarta gue kelaperan banget. mungkin Pak Bos tahu muke gue dah gak karuan kalau pas lagi kelaparan. Akhirnya di pagi itu kita nangkring di sebuah restaurant di Bandara. Gue langsung dengan kalap pesen soto lengkap dengan accessories perkedel, tempe goreng dll... gue makan dengan sangat kalap. Pak Bos hanya minum kopi doank dan managernya yg biadab telah menghabiskan semangkok soto beserta ornamennya. Sampai di kasih gue yang bayar yang pasti pake duit Pak Bos. 
"berapa mbak?"
" 95.000... "
" wauuuwww....."
 pas gue dapet struck pembayaran, pas gue lihat..si bos hanya 5.000 secangkir kopi dan gue menghabiskan 90.000....wkakka.....
Tapi Pak Bule tidak komplain karena dia tahu kapasitas perut orang Indo yang tak mantap tanpa nasi..wkakka.... (ngeles)

Kalau soal kinerja, jangan ditanya...Orang Eropa kinerjanya lebih tinggi. kadang kalau memang kantor lagi busy, gue bisa pulang ampe malem dan kadang nylesein kerjaan ampe terlalu larut malam. Sempet gue collapse gara-gara kecapean. Wajah gue dah pucet banget. Gue paksain ke kantor. Karena emang kerjaan belon kelar. Berhubung gue hidup sendirian. Gue kerja abis-abisan ampe lebih dari 12 jam sehari. Gue datang ke kantor dengan wajah kuyu dan sedikit beler gara-gara input data 7 kontainer..wah....parah dah!... Bos tahu gue lagi Beler dan akhirnya gue disuruh libur. tapi gue gak mau akutnya kalau libur gak bakal kelar kerjaannya. Gue dipaksa libur...! (keren banget ya gue...wkakka) akhirnya gue pulang dengan hati riang gembira berdendang india.hehe.... Sebelum tidur gue di sms ma bos Bule dan bos cewek nanyain udah sembuh?dah minum obat dll..wah mereka keren bener. Terus esoknya gue kerja setengah hari doank gara-gara gue dah gak kuat.
Terus besoknya lagi gue ditanya "do you feel good Lekker ding (panggilan kesayangan buat gue)?" tanya Pak Bule
"Yups.. I ready to rock" jawab gue sambil bercanda
"OK.... the plan for today. Shopping"
"What?"tany gue agak sedikit tuli
"yups...shopping... I want to buy something to my children and My wife. I know she was tired because of our baby so I want to buy a bunch of roses for her."
wah....enak banget hidup gue...libur...trs kerja setengah hari terus abis sembuh diajak shopping...mantap...wkakakka
Bule...romantis.... ***berharap dapat Laki Bule..hihihi

Kerja cuman pesbukan, chat kadang nulis-nulis...hahay...senangnya... (inilah aktfitas kalau kerjaan lagi sepi)
Kerja disini lumayan Inggris gue gak punah. walaupun grammar past ma present kadang jungkalitan. hehey...

Dan pastinya si emak juga seneng gue dah gak ngrepotin mereka. Dan ampe sekarang gue juga belon cerita ama simbok kalau gue kerja bareng kompeni. wkakaka.....

**tulisan awut-awutan biar gak stress...hahay.....